Batman Begins - Diagonal Resize 2

Kamis, 24 September 2015

Manajemen Media Massa IV

4th

Pada perusahaan media terutama televise terdapat bagian teknik yang mencakup beberapa bagian, yaitu siaran radio, liputan (mencakup peralatan dan orang-orang yang terlibat dalam liputan), dan siaran langsung.

Dalam bagian teknik ada yang disebut sebagai ruang master control yang di dalamnya ada camera set, lightning set, audio set, program director, producer, pemancar, character generator, dan teleproter. Producer di ruang master control bertanggung jawab atas penayangan konten, sedangkan program director bertanggung jawab atas penyelenggaraan siaran dan juga mengatur lightning man dan orang-orang teknik lainnya. Selain itu, dalam penyiaran dikenal juga istilah cromaki, yaitu layar yang digunakan untuk membuat tampilan secara virtual biasanya menggunakan layar berwarna hijau.

Dalam perusahaan pertelevisian juga ada bagian produksi yang mencakup dan mengatur tentang perfilman, kuis, dan siaran langsung (cameramen disini bertugas sebagai orang teknik). Saat siaran langsung ada proses siaran, yaitu melalui cameraman---ke pemancar--- ke master control--- ke mobile. Untuk bagian lainnya dari audio dan lightning--- ke vider caset--- ke alat pemancar. Lalu saat siaran presenter maka melalui---parabola--- ke alat edit. Ada juga alat yang disebut outdoor broadcast van.

Untuk siaran di studio berada di bawah komando program director. Saat siaran di studio, cameraman menjadi orang redaksi. Dari semua bagian media massa, menjadi seorang reporter adalah hal paling susah karena ketika salah ketik maka harus mempertanggungjawabkan ke redaktur dan atasannya banyak.

Dalam pertelevisian, direktur produksi adalah bagian paling berkuasa. Dalam bagian produksi bagian marketing dan promosi menjadi satu bagian. Selain itu, bagian produksi mencakup bagian programming, film dan sinetron, dan produksi.

Bagian programming bertugas untuk riset dan menyusun urutan program atau rundown dan mengatur rating televise agar unggul. Bagian film dan sinetron bertugas untuk mengakuisisi film (dalam jangka waktu tertentu dan mencakup hak copy dan hak siar dari rumah produksi infotaiment). Bagian produksi bertugas untuk siaran produksi sendiri (contoh Inbox, Dahsyat, dll). Pada jam tertentu televise menyiarkan program berita, yaitu pada jam 6 pagi, 12 siang, dan jam 6 sore.
Rating dan share ditentukan oleh konten yang bagus dan teknik yang bagus juga.

Ada bagian penting dalam perusahaan yang perlu dibahas, yaitu Finance dan Accounting. Bagian Finance bertugas untuk mengolah uang masuk dan keluar, sedangkan bagian accounting bertugas untuk mencatat uang masuk dan keluar.


Pada perkembangan saat ini mulai berlaku satu wartawan dan satu pemberitaan dapat di tayangkan ke banyak media tetapi gaji wartawan tetap sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar